Uncategorized

5 Rekomendasi Merk Mesin Cuci untuk Keluarga Kecil Terbaik

Mesin cuci merupakan alat elektronik yang mulai dibutuhkan saat ini. Dengan berbagai aktivitas yang semakin padat, dirasa tidak ada waktu luang untuk mencuci pakaian secara manual. Bagi yang baru berkeluarga, Anda bisa memilih mesin cuci dengan kapasitas yang tidak terlalu besar. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kualitas mesin cuci agar tidak mudah rusak. Sebagai bahan pertimbangan, simak tips memilih mesin cuci untuk keluarga kecil serta rekomendasi merk mesin cuci terbaik berikut ini. 

Tips memilih mesin cuci

Memilih mesin cuci yang tepat akan semakin membantu Anda dalam mencuci secara efektif. Selain itu, pilihan mesin cuci yang tepat juga akan lebih hemat biaya dan tentunya lebih hemat energi. Pilihlah mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan dan budget. Anda juga bisa memilih mesin cuci yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih.

Perhatikan kapasitas mesin cuci

Mesin cuci tersedia dalam berbagai kapasitas, mulai dari 5-7 kilogram, 10 kilogram, dan 12 kilogram. Pilihlah kapasitas mesin cuci yang sesuai dengan jumlah pakaian kotor Anda sehari-hari. Mesin cuci untuk keluarga kecil yang paling cocok adalah berkapasitas 5-7 kilogram. Keluarga kecil biasanya tidak memiliki terlalu banyak pakaian untuk dicuci. Namun, jika Anda memiliki pakaian dengan bahan tebal dan berat, mesin cuci dengan kapasitas 10 kilogram bisa dijadikan pilihan.

Memilih panel LCD atau LED

Saat ini mesin cuci dilengkapi dengan layar LCD atau LED yang berfungsi sebagai lampu indikator, sehingga memudahkan dalam pengaturan. Layar panel berfungsi untuk menunjukkan waktu pencucian, ataupun mengatur pause dan time delay, sehingga dapat mengendalikan konsumsi listrik saat aktivitas mencuci.

Memiliki jenis mesin cuci

Ada 2 jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci all ini one dan mesin cuci dengan dua tabung. Bagi Anda yang memiliki ruangan yang tidak terlalu luas, mesin cuci all ini one merupakan pilihan paling tepat. Mesin cuci ini menggabungkan siklus mencuci dan mengeringkan menjadi satu. Selain tidak menghabiskan tempat, mesin cuci all in one juga dapat mencuci lebih cepat dan lebih hemat biaya. Jika dibandingkan dengan mencuci dengan tangan, penggunaan mesin cuci ini lebih irit pemakaian detergen dan pewangi. Mesin cuci tipe all ini one merupakan mesin cuci untuk keluarga kecil yang tepat karena lebih efektif dan efisien dalam mencuci pakaian.

Mempertimbangkan mesin cuci pintar

Mesin cuci pintar juga dapat dipertimbangkan sebagai mesin cuci terbaik yang dapat dibeli. Meskipun dengan harga yang lebih tinggi, mesin cuci ini sudah dilengkapi berbagai fitur canggih yang akan mempermudah aktivitas mencuci. Harga mesin cuci pintar sebenarnya tidak jauh berbeda dari harga mesin cuci front loading. Anda dapat melakukan tawar menawar dengan penjual untuk mendapatkan harga mesin cuci yang sesuai dengan budget.

Memilih warna mesin cuci

Selain mempertimbangkan kapasitas, harga, dan fitur canggih yang dimiliki, Anda juga dapat memilih mesin cuci dengan warna yang sesuai untuk ruangan. Hal ini akan semakin mempercantik ruangan. Biasanya mesin cuci memiliki warna yang netral yaitu abu-abu dan silver. Namun, banyak juga produsen yang membuat mesin cuci dengan berbagai warna yang menarik.

Kapasitas air dan listrik

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membeli mesin cuci adalah memilih yang hemat air dan listrik. Mesin cuci front loading bisa dijadikan pilihan, karena hanya membutuhkan air lebih sedikit dibandingkan tipe top loading. Hal ini karena mesin cuci ini tidak membutuhkan banyak air saat merendam. Selain itu, mesin cuci jenis ini juga hemat energi karena tidak membutuhkan waktu lama saat mencuci.

Rekomendasi mesin cuci front loading

Mesin cuci tipe front loading merupakan mesin cuci untuk keluarga kecil yang tepat. Mesin cuci dengan bukaan depan ini diklaim lebih awet, hemat energi, hemat air, anti bakteri, serta dapat mencuci pakaian lebih bersih. Jika Anda sedang mencari mesin cuci, berikut 5 rekomendasi merk mesin cuci front loading terbaik yang dapat dibeli.

Electrolux

Electrolux merupakan merk mesin cuci front loading yang cukup populer. Mesin cuci front loading Electrolux mampu mencuci pakaian hingga bersih tanpa meninggalkan sisa detergen. Hal ini dikarenakan teknologi ultramix yang ada pada mesin cuci ini. Teknologi ini mampu melarutkan deterjen dengan baik, sebelum mencuci pakaian kotor. Selain itu, mesin cuci ini juga dilengkapi teknologi vapour refresh, sehingga pakaian tidak mudah kusut.

LG

Mesin cuci front loader LG dilengkapi dengan teknologi inverter direct, sehingga mesin cuci bergerak dengan seimbang dan tidak menimbulkan getaran. Teknologi ini juga membuat mesin cuci akan lebih hemat energi. Selain itu, drum pencucian pada mesin cuci LG dibuat dengan bahan stainless steel, sehingga kuat dan tahan lama. Mesin cuci front loading LG juga dilengkapi teknologi turbo wash, sehingga pakaian kotor akan bersih dengan cepat. 

Sharp

Salah satu keunggulan dari mesin cuci front loading Sharp adalah desain kabinet boomerang yang mampu meredam suara dan getaran, sehingga mesin cuci tidak berisik saat digunakan. Selain itu, mesin cuci ini juga dilengkapi dengan sistem eco Logic. Sistem ini mampu menghitung jumlah pakaian yang akan dicuci dan menyesuaikan daya yang dibutuhkan. Hal ini akan membuat mesin cuci front loading Sharp lebih hemat energi dan tidak membuat bengkak tagihan listrik Anda. Dilengkapi dengan sistem child lock, sehingga mesin cuci ini dapat menjaga keamanan dari gangguan anak.

Samsung

Mesin cuci front loading Samsung memiliki keunggulan di bidang desain yang menawan. Mesin cuci ini dilengkapi dengan drum pencucian diamond dengan permukaan memiliki bentuk seperti berlian dan dilengkapi lubang-lubang kecil pembuangan air, sehingga mesin cuci akan lebih awet. Mesin cuci ini juga dilengkapi dengan teknologi inverter, sehingga dapat meredam getaran saat mencuci dan lebih hemat energi. Agar cucian yang dihasilkan bersih, mesin cuci front loading Samsung dilengkapi dengan sistem eco bubble. Dengan sistem ini busa mikro detergen yang masuk ke pakaian 40 kali lebih banyak, sehingga pakaian dapat bersih dengan cepat. Selain itu, mesin cuci ini juga dapat disambungkan dengan smartphone melalui teknologi smart clock.

Panasonic

Kelebihan dari mesin cuci front loading Panasonic adalah teknologi ecoNavi Inverter yang dapat menyesuaikan kebutuhan energi, sehingga mesin cuci tidak menghabiskan banyak daya. Selain itu, teknologi refrigran pada mesin cuci ini akan membuat pakaian lebih cepat kering.  Mesin cuci ini lebih efisien serta hemat listrik dan air.
Mesin cuci berkapasitas 5-7 kilogram paling pas digunakan sebagai mesin cuci untuk keluarga kecil. Selain mempertimbangkan kapasitas mesin cuci, Anda juga harus memperhatikan harga, kualitas, serta fitur hemat energi. Mesin cuci dengan tutup depan atau front loading merupakan pilihan tepat. Mesin cuci ini lebih hemat energi, air, dan listrik, serta lebih awet.