Mesin Cuci,  Tips

Cara Menggunakan Mesin Cuci Sesuai dengan Jenisnya

Tentu Anda setuju jika di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, pekerjaan akan menjadi semakin mudah dengan perkembangan teknologi. Berbagai pekerjaan rumah juga akan semakin mudah serta cepat terselesaikan mulai dari membersihkan lantai di rumah hingga mencuci pakaian. Mencuci pakaian merupakan kebutuhan, namun sekarang dapat dilakukan dengan mudah dengan tersedianya mesin cuci. Pencucian menggunakan mesin cuci berbeda dengan menggunakan tangan. Cara menggunakan mesin cuci juga harus diikuti dengan baik agar pencucian menjadi maksimal dan mesin memiliki umur yang panjang.

Jenis Mesin Cuci

Sebelum mencari tahu cara menggunakan mesin cuci, Anda harus mengetahui jenis mesin terlebih dulu. Pada dasarnya, mesin cuci dibagi menjadi dua jenis yaitu mesin cuci dua tabung serta mesin cuci satu tabung. Untuk mesin cuci satu tabung, memiliki dua jenis yakni top loading dan front loading, berikut pembahasannya:

1. Mesin Cuci dengan 2 Tabung

Mesin cuci yang memiliki dua tabung pada dasarnya di setiap tabung mempunyai fungsi berbeda. Tabung pertama digunakan untuk mencuci pakaian serta membilas pakaian, sedangkan untuk tabung yang kedua dipergunakan untuk pengeringan. Meskipun sedikit lebih repot, namun harga mesin ini lebih murah dibandingkan dengan jenis 1 tabung.

2. Mesin Cuci dengan 1 Tabung

Karena hanya memiliki satu tabung, kita tidak perlu repot-repot memindahkan pakaian setelah dicuci. Mesin satu tabung dapat digunakan untuk membilas, mencuci hingga mengeringkan. Sebenarnya, mesin ini merupakan perkembangan mesin dua tabung. Seperti yang sudah disampaikan, mesin cuci dengan 1 tabung dibagi menjadi dua jenis, yakni bukaan atas dan bukaan depan.

Mesin cuci satu tabung bukaan atas memiliki bentuk vertikal. Sedangkan bukaan depan memiliki desain horizontal serta memiliki arah putaran vertikal. Kebanyakan orang lebih memilih mesin bukaan depan karena bentuknya yang terkesan kekinian dan modern dibandingkan dengan bukaan atas.

Cara Menggunakan Mesin Cuci sesuai dengan Jenisnya

Setelah mengetahui jenis mesin cuci secara lengkap, hal berikutnya adalah langkah menggunakan mesin cuci. Pada umumnya, menggunakan mesin cuci setiap jenisnya tidak berbeda jauh. Salah satu pembedanya hanyalah jenis otomatis serta manual.

1. Mesin Cuci Dua Tabung

Berikut langkah-langkah menggunakan mesin cuci dengan dua tabung, antara lain:

  • Pisahkan antara pakaian berwarna, pakaian bernoda dan pakaian dengan kain khusus. Lakukan instalasi mesin cuci, masukkan pakaian kotor di tabung untuk pencucian.
  • Masukkan seluruh pakaian ke dalam tabung pencuci. Tabung pencuci memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan tabung yang lain, sehingga jangan sampai keliru dalam memasukkan pakaian kotor yang belum dicuci ke tabung pengering.
  • Masukkan pakaian kotor ke tabung mesin cuci, isi tabung dengan deterjen khusus untuk mesin cuci, dan pewangi,
  • Tutup pintu mesin, dan tekan tombol “mulai”, pilih lama pencucian sesuai dengan kebutuhan Anda. jika Anda mencuci pakaian dengan bahan halus, atur waktu menjadi lebih singkat, setelah pencucian selesai dilakukan, buang air dan bilas pakaian,
  • Jika pencucian dan pembilasan sudah selesai, pindah pakaian ke tabung kedua untuk mengeringkan pakaian. Jalankan siklus pengeringan, setelah semua siklus selesai, angkat pakaian dari mesin cuci serta angin-anginkan pakaian.

2. Mesin Cuci Satu Tabung Jenis Top Loading

Untuk mesin cuci satu tabung dengan jenis top loading, berikut cara penggunaannya:

  • Pisahkan pakaian yang akan dicuci berdasarkan noda, warna serta jenis kain pakaian, pastikan mesin cuci sudah siap untuk digunakan,
  • Masukkan pakaian ke dalam tabung,
  • Masukkan deterjen dan pewangi secukupnya. Pilih deterjen khusus mesin cuci top loading, tutup mesin,
  • Berbeda dengan mesin cuci dua tabung, untuk mesin cuci satu tabung ini Anda tidak perlu mengisi air manual, karena pengisian akan dilakukan secara otomatis,
  • Klik tombol start dan tunggu hingga mesin selesai bekerja,
  • Mesin akan bekerja dengan otomatis, jika pencucian sudah selesai dilakukan, Anda dapat langsung membuka mesin dan mengangin-anginkannya.

3. Mesin Cuci Satu Tabung Jenis Front Loading

Bagaimana dengan jenis mesin front loading? Berikut langkah pengoperasiannya:

  • Pada dasarnya, cara penggunaan mesin ini hampir sama dengan top loading, untuk langkah awal, sama dengan jenis mesin yang lain, yakni memisahkan antara baju kotor, baju berbeda warna, dan baju yang berasal dari kain khusus,
  • Pastikan mesin siap digunakan,
  • Gunakan deterjen yang khusus digunakan untuk mesin cuci bukaan depan, masukkan ke dalam mesin cuci. Segera tutup pintu mesin, sama seperti jenis bukaan atas, pada mesin ini, air nantinya akan terisi sendiri, sehingga mesin lah yang akan menentukan jumlah air yang dibutuhkan. Air yang digunakan pada mesin bukaan depan tidak sebanyak dengan air yang dibutuhkan pada mesin bukaan atas,
  • Pilih jenis pencucian yang ingin Anda lakukan. Anda dapat memilih jenis pencucian dengan bilasan tambahan, pencucian dengan putaran ringan dan berbagai jenis pencucian yang lainnya,
  • Setelah mesin cuci selesai melakukan tugasnya, biasanya akan ada alarm yang berbunyi, angin-anginkan pakaian dan tunggu hingga kering.

Tips Menggunakan Mesin Cuci

Agar proses mencuci benar-benar maksimal, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti, antara lain:

1. Pilih deterjen sesuai dengan jenis mesin cuci.

Banyak pengguna mesin cuci yang tidak memperhatikan deterjen yang digunakan untuk pencucian. Alasannya karena semua deterjen sama. Padahal, deterjen untuk pencucian manual dan pencucian menggunakan mesin cuci benar-benar berbeda. Deterjen untuk pencucian manual biasanya memiliki busa begitu banyak, berbeda dengan deterjen yang digunakan untuk mesin cuci, busa yang dihasilkan tidak begitu banyak. Selain itu, deterjen khusus mesin cuci juga memiliki sejumlah bahan yang tidak ditambahkan pada deterjen biasa. Sehingga, bila selama ini Anda masih menggunakan deterjen biasa untuk pencucian menggunakan mesin cuci, lebih baik dihindari.

2. Tutup semua resleting

Saat mencuci, pastikan semua resleting celana ditutup dengan rapat. Hal tersebut untuk menghindari celana lain agar tidak sobek tersangkut resleting saat mesin cuci berputar.

3. Penggunaan sabun

Selain memilih sabun sesuai dengan jenis mesin, hindari menggunakan sabun dengan cara menaburkan sabun secara langsung pada baju penuh noda. Jika ingin menambahkan sabun, larutkan sabun terlebih dulu dalam air hangat dan gunakan untuk mencuci. Menaburkan deterjen ke atas baju akan membuat warna baju menjadi lekas pudar.

4. Pengeringan pakaian

Untuk mesin dengan dua tabung, hindari menggunakan mesin pengering bila pakaian masih dapat dikeringkan dengan panas matahari. Bukan hanya menghemat listrik, tetapi baju tidak akan melar. Penggunaan pengering akan menyebabkan baju melar, karena saat berada di dalam mesin pengering, baju akan diputar begitu cepat, baju juga akan saling tarik menarik sehingga cepat melar.

5. Periksa semua kantong sebelum memasukkan pakaian

Usahakan selalu memeriksa semua kantong baju dan celana sebelum menggunakan mesin cuci. Jangan sampai terdapat koin atau benda-benda lain di dalam kantong.

Sekarang, tak perlu bingung mencari cara menggunakan mesin cuci, karena di atas Anda dapat memilih pengaplikasian sesuai dengan jenisnya.