Uncategorized

Tips Ampuh Membersihkan Mesin Cuci Agar Terhindar dari Bau Tak Sedap

Memiliki mesin cuci sendiri di rumah tentu menjadi idaman banyak orang. Keberadaan mesin cuci dapat membantu meringankan pekerjaan rumah sehari-hari terutama bagi ibu-ibu yang sudah lelah bekerja di luar seharian. Namun, orang seringkali melupakan kebersihan mesin cuci dengan tidak pernah membersihkan mesin cuci secara berkala sehingga mesin cuci mengeluarkan bau yang tidak nyaman. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat mesin cuci menjadi bersih dari bau maupun jamur. Di bawah ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan sesuai dengan jenis mesin cucinya.

Penyebab Mesin Cuci Menjadi Kotor dan Berbau

Ketika Anda menggunakan mesin cuci dalam beberapa bulan, mungkin Anda akan mulai mencium bau-bau tidak sedap menguar dari cucian Anda. Bisa jadi awalnya Anda mengira bau ini berasal dari pakaian yang mungkin tidak dapat dicampur dengan pakaian lain. Namun ternyata bau ini bisa berasal dari kondisi mesin cuci itu sendiri yang kotor.

Jamur dapat tumbuh subur pada beberapa bagian mesin cuci seperti gasket atau karet yang berada di sekitar pintu dapat membuat banyak air terperangkap. Air yang terperangkap di dalam celah karet dapat memicu tumbuhnya jamur. Hal ini dikarenakan jamur dapat tumbuh di tempat yang lembab sehingga jika Anda membiarkan mesin cuci begitu saja setiap selesai mencuci, maka jamur dapat tumbuh subur. Oleh karena itu sebaiknya lap dengan lap kering setiap selesai mencuci. Anda juga sebaiknya membuka pintu mesin cuci setiap selesai mencuci agar air menguap. 

Membersihkan mesin cuci dengan air panas atau air hangat sebaiknya dilakukan minimal sebulan sekali. Anda bisa menggunakan air bersuhu minimal 60 derajat Celcius hingga optimalnya 90 derajat Celcius untuk membuat mesin cuci bersih. Cukup operasikan mesin cuci seperti biasa tanpa ada pakaian, kemudian buang air tersebut.

Membersihkan Sesuai Jenis Mesin Cuci

1. Mesin Cuci Pintu Depan (Front Loading)

Mesin cuci pintu depan cukup populer di masyarakat terutama digunakan pada tempat yang menyediakan jasa laundry-laundry besar di perkotaan. Kualitas cucian yang lebih baik karena dirasa lebih bersih serta efisien membuat banyak orang memilih mesin cuci pintu depan. Selain itu, mesin cuci front loading memakan daya listrik serta kebutuhan air yang lebih sedikit ketimbang mesin cuci bukaan atas. Hanya saja, di luar semua kelebihan tersebut, mesin cuci ini tetap memiliki keluhan seperti bau tak sedap yang kerap dihadapi pengguna. 

Di bawah ini merupakan beberapa tips simpel untuk membersihkan mesin cuci:

  • Setel pengaturan untuk air panas
  • Jika Anda memiliki mesin cuci yang terdapat pilihan extra rinse, maka pilih fitur tersebut
  • Berikan tiga perempat cangkir berisi pemutih tanpa senyawa klorin ke dalam mesin cuci. Anda juga bisa menggantinya dengan tiga perempat cangkir cuka putih.
  • Operasikan mesin cuci selama satu siklus saja.
  • Bilas ulang mesin cuci secara manual dengan air tanpa tambahan senyawa agar bau cuka menghilang

2. Mesin Cuci Pintu Atas (Top Loading)

Secara umum, cara yang dilakukan untuk membersihkan mesin cuci berpintu atas hampir sama, yaitu menggunakan air hangat dan cuka putih. Anda hanya perlu menyetel mesin cuci dengan temperatur hangat. Selanjutnya masukkan air hangat serta berikan sebanyak empat cangkir cuka putih ke dalam air. Kemudian setel mesin cuci pada waktu operasi paling lama dan biarkan mesin cuci memutar. Selanjutnya Anda cukup membiarkan cuka dan air hangat di dalam drum mesin cuci agar cuka membersihkan jamur dan lumut di dalam mesin. Selama cuka bekerja, bukalah pintu mesin cuci selama satu jam. Patut diketahui bahwa cuka juga dapat membersihkan sisa noda, sabun serta kotoran seperti jamur hingga ke selang mesin cuci. 

Bahan-Bahan yang Bisa Digunakan untuk Membersihkan Drum Mesin Cuci

Jika sebelumnya membahas terkait cara membersihkan mesin cuci berdasarkan jenis mesin cucinya, apakah top loading ataukah front loading, maka di bawah ini merupakan daftar beberapa bahan yang bisa Anda pilih untuk membantu Anda dalam membersihkan drum mesin cuci.

1. Menggunakan Baking Soda serta Cuka Putih untuk Membersihkan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa cuka putih berkhasiat untuk membersihkan mesin cuci dari jamur dan kotoran. Selain cuka putih suling, soda kue juga bisa digunakan untuk membantu Anda membersihkan drum mesin cuci. Baking soda bermanfaat untuk menghilangkan bau pada mesin cuci. Sementara cuka, karena merupakan asam ringan yaitu asam asetat, kurang efektif jika noda yang ingin Anda hilangkan merupakan noda berat. Namun setidaknya kedua bahan ini dapat membantu menghilangkan kerak.

2. Menggunakan Pemutih Oksigen serta Detergen Enzim

Pemutih oksigen serta detergen yang mengandung enzim pemakan lemak seperti Lipase atau Mannanase, Amilase serta Protease merupakan bahan yang dapat menghilangkan kerak serta noda pada mesin cuci. Untuk mengetahui kandungan enzim pemakan lemak tersebut sebaiknya Anda mengunjungi situs web produsen deterjen maupun melihat kandungan di kemasan. Anda juga bisa menambahkan pemutih oksigen bubuk ke dalam detergen Anda. Anda juga harus memahami bahwa enzim yang terkandung di dalam detergen dapat terpengaruh oleh suhu panas di lingkungannya. Oleh karena itu Anda sebaiknya menyetel kapasitas muatan ke tingkat beban paling besar untuk memberi enzim cukup waktu bekerja tanpa terpengaruh panas mesin. 

3. Menggunakan Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida dapat dipilih untuk membantu menghilangkan bau dan kotoran pada mesin cuci. Pilihlah larutan cairan encer yang mengandung kadar hidrogen peroksida sebesar 3%. Jangan pilih yang memiliki kandungan hidrogen peroksida melebihi 3% karena dapat membahayakan kesehatan Anda. 

Hidrogen peroksida bermanfaat untuk menghilangkan kerak, serta efektif sebagai antibakteri dan membunuh kuman. Anda dapat mengaplikasikan hidrogen peroksida bersamaan dengan air panas. Untuk mendapatkan hasil terbaik, biarkan cairan yang mengandung hidrogen peroksida sebanyak 3% bekerja di dalam mesin cuci Anda selama tiga jam. 

4. Menggunakan Asam Sitrat

Jika Anda ingin menghilangkan bau tak sedap serta kerak pada mesin cuci menggunakan bahan alami dari alam, Anda bisa memilih menggunakan asam sitrat. Asam sitrat dapat Anda peroleh secara alami dari buah jeruk yang sangat masam seperti jeruk nipis yang memiliki asam sitrat tinggi. Asam sitrat dapat menghilangkan buih sabun, residu sabun, limescale, serta adanya penumpukan kotoran. Asam sitrat bahkan lebih kuat dibanding asam cuka sehingga lebih efektif membersihkan mesin yang memiliki penumpukan kotoran lebih banyak. Untuk membantu menghilangkan bau, sebaiknya kombinasikan asam sitrat dengan baking soda.

5. Menggunakan Pemutih Klorin
Pemutih klorin efektif membantu membersihkan mesin cuci dengan menghilangkan jamur, namun pemutih klorin tidak dapat bekerja menembus pori pada drum mesin cuci sehingga bisa jadi akar dari jamur masih tersisa. Pemutih klorin juga tidak terlalu disarankan karena dapat meninggalkan residu beracun serta asap.